Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing yang berasal dari sejumlah negara dalam wilayah asean merupakan pasar potensial dan dapat digarap lebih serius oleh kaum pelaku pariwisata dalam diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, angka wisatawan dari negara-negara asean terlebih singapura, malaysia juga thailand selalu mengalami peningkatan yang menggembirakan, tutur ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna pada yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya kasus wisatawan asing dari asean yang berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi oleh sejumlah aspek semisal jarak yang tak terlalu jauh juga transportasi yang tambah gampang.

upaya agar meningkatkan kunjungan wisatawan asing terlebih daripada asean akan dilakukan melalui upaya beriklan, salah satunya yang paling dekat merupakan jogja travel mart 2013 yang hendak diadakan dalam 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin mengatakan, di model beriklan pariwisata itu, setidaknya mau dikuti dengan 130 buyers daripada sederat negara seperti pelaku wisata dalam malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia dan india.

selain dikuti pelaku wisata daripada luar negeri, model tersebut juga mau dikuti oleh kurang lebih 55 buyers domestik yang dan baru menjadi pasar potensial kepada pelaku wisata di diy.

kami akan mengajak para pelaku wisata itu mengunjungi sejumlah tempat lokasi wisata dan banyak selama yogyakarta juga sekitarnya untuk lebih memberitahukan tujuan-tujuan wisata itu pada wisatawan asing, ujarnya.

sejumlah objek wisata wisata yang ingin didatangi di antaranya lava tour merapi menggunakan jeep, juga sejumlah wisata budaya yang telah menjadi ikon yogyakarta seperti malioboro, keraton yogyakarta dan serta candi borobudur.

berdasarkan data dari dinas pariwisata diy di kemarin, wisatawan yang berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta orang, serta 190.000 dalam antaranya adalah wisatawan asing. persentasi wisatawan asing itu mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing dan paling banyak berkunjung ke yogyakarta berasal daripada belanda, perancis, malaysia, singapura dan australia.

kami berharap, melalui jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan dari negara-negara asean mampu terus meningkat. terlebih, mau banyak wisata minat khusus dan menantang, seperti arung jeram di sungai progo, panjat tebing pada pantai siung, jelajah goa serta yang lain, tutur kepala jenis pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.