Kementerian Perdagangan prioritaskan peningkatan kesadaran konsumen

kementerian perdagangan (kemendag) mementingkan peningkatan kesadaran pelanggan sebelum mencari serta menggunakan koleksi serta jasa dibanding memproses dengan legal komplain konsumen.

kami tak begitu menekankan masalah pengaduan. masalah pengaduan tersebut nanti mau berujung pada proses pengadilan serta itu ingin panjang ceritanya, papar wakil menteri perdagangan, bayu krisnamurthi, selepas peringatan hari pelanggan nasional selama jakarta, sabtu (20/4).

kementerian perdagangan, berdasarkan dia, lebih mengutamakan program peningkatan kesadaran konsumen ketika mau mengkonsumsi koleksi serta penyedia layanan semisal melihat ketentuan atau kesesuaian pilihan serta jasa melalui janji produsen.

krisnamurthi meneruskan pelanggan indonesia sediakan hak agar menolak produk barang serta jasa yang tidak sesuai melalui janji-janji promosi.

Informasi Lainnya:

mereka (konsumen) bersuara, kami mau fasilitasi juga ingin menyebutkan, perusahaan ataupun produk tersebut tidak pas lalu dipublikasikan. pelanggan lain menjadi sadar juga tidak menggunakan. tersebut malahan lebih kuat daripada cuma mengadu ataupun menuntut, kata dia.

kemendag, lanjut dia, serta menggandeng sederat institusi agama, pendidikan, dan organisasi massa agar meningkatkan kesadaran pelanggan.

ini (kesadaran konsumen) adalah sebuah gerakan pendidikan penduduk. kami masih mengenal apakah kesadaran ini perlu masuk dalam kurikulum ataupun tak, tutur dia.

bayu menambahkan kesadaran konsumen indonesia agar bekerja sama dengan serta mengikuti keputusan konsumsi dengan cerdas juga turut membuat ketahanan ekonomi dari perdagangan barang ataupun jasa impor.